Kamis, 02 April 2009

HIRADC


HIRADC dari pengertiannya saja mengandung arti Identifikasi Bahaya, Penilaian dan Pengendalian Resiko. Langkah awal yang kita lakukan dalam membuat HIRADC adalah :

1. Membuat kolom identifikasi semua bahaya baik actual maupun potensial yang ada di seluruh area kerja. Yang diidentifikasi adalah : aktivitas, produk dan jasa dari proses kerja tersebut. Jangan lupa dalam OHSAS 18001:2007 menambahkan untuk mengidentifikasi Human Behaviour (perilaku), Human Capabilities (kemampuan) dan Human Factor (faktor lain terkait bahaya K3 di tempat kerja). Nilai pula apakah resiko yang terlihat daam kondisi rutin atau tidak rutin.

2. Mebuat kolom resiko yang ditimbulkan dari bahaya-bahaya yang telah kita identifikasi tersebut.

3. Kemudian melakukan penilaian resiko sesuai dengan matriks penilaian resiko yang telah dibuat dengan memperhatikan faktor keparahan yang mungkin akan terjadi dan frekuensi berlangsungnya bahaya-resiko tersebut. Penilaian bisa dengan skala 1 sampai 5 dengan range bertingkat. Penlaian resiko ini membantu kita untuk mengetahui apakah bahaya-resiko tersebut masuk dalam kelas significant atau tidak.

4. Langkah selanjutnya adalah melihat apakah ada pengendalian operasional (aturan main)yang terdapat di area kerja dari aktivitas kerja tersebut terkait resiko terutama pada resiko yang tidak significant.

5. Lihat pula apakah aktivitas, product, jasa, perilaku, kemampuan dan faktor lain yang telah diidentifikasi telah memiliki pengendalian resiko berdasarkan Hirarki Pengendalian Resiko (Eliminasi-Substitusi-Engineerin Control-Administrative Control-APD), jika belum ada pengendalian tersebut maka programkan dalam program K3 sebagai pengendaliannya, kalo sudah ada pengendalian resikonya maka bergeraklah terus keatas dari APD ke arah Eliminasi. Resiko yang memiliki bobot significant pastikan terdapat engendalian resiko degan hirarki pengendalian resiko.

6. Prioritaskan yang menjadi program manajamen K3 dengan melihat pertimbangan : Perundangan K3, Teknologi, Keuangan, Bisinis dan pandangan pihak terkait. Jika memiliki pertimbangan Perundangan K3, Bisinis dan pandangan pihak terkait (auditor, masyarakat, pemerintah dll) maka program itu menjadi prioritas untuk dijalankan.

Contoh Langkah Prosedur HIRADC sebagai berikut :

1. Identifikasi aktivitas, product, jasa, human behaviour, human capabilities dan human factor baik actual maupun potensial pada tahapan proses.

2. Tentukan apakah tahapan proses termasuk kondisi rutin atau tidak rutin. Jika tidak rutin keluarkanlah JSA (Job Safety Analysis), kalo ternyata rutin maka masukan kedalam tabel HIRADC.

3. Lakukan penilaian resiko.

4. Jika resiko tidak bernilai significant maka hanya menetapkan pengendalian operasional saja. Tetapi kalo masuk kategori resiko significant maka lanjutkan dengan pemilihan pengendalian resiko yang sesuai dengan tujuan dan sasaran K3.

5. Tetapkan pengendalian resiko.

6. Prioritaskan pengendalian resiko dalam sebuah program manajemen K3

7. Evaluasi hasil identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko tersebut dan program manajemen K3 yang tepat.

8. Review peluang peningkatan berkesinambungan dari hasil identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko serta program manajemen K3 yang akan, selama atau telah dilaksanakan.


Demikian informasi dari saya ini semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua atas kebutuhan orang yang ingin mengetahui sistem manajemen K3 untuk menghasilkan istilah safety first.


Salam K3


Andre Pemerhati K3 (K3_LH)

Comments :

0 komentar to “HIRADC”

Posting Komentar


Safety Pictures

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Quality Health Safety Environment