Selasa, 24 Maret 2009

HIDROGEN SULFIDA ( H2S)


H2S merupakan salah satu gas yang sangat berbahaya, menempati kedudukan kedua setelah Hydrogen Sianida dan dengan tingkat racun yang sangat tinggi lima sampai enam kali beracun dari karbon monoksida. Dapat larut dalam air maupun hydrogen cair. Mengganggu mata, mengaratkan logam deret elektrokimia, tidak tampak, memiliki berat jenis lebih besar dari udara.
Gas ini dapat melumpuhkan sistem pernafasan dan dapat membunuh dalam sekejap.
Pada dunia industri gas ini dikenal juga dengan berbagai nama, seperti :
- Stink Damp
- Sulfurated Hydrogen
- Sour crude
- Rotten-Egg gas
- Hydrosulfuric Acid
- Sulfur Hydride.



Pada konsentrasi rendah H2S memiliki bau yang menyengat seperti telur busuk. Pada konsentrasi yang tinggi, bau tidak dapat tercium lagi karena gas tersebut secara cepat mematikan indera penciuman dan mematikan sistem syaraf kita.
Gejala-gejala yang timbul akibat terhirup gas H2S pada konsentrasi yang rendah baik sendiri-sendiri atau secara bersama-sama sebagai berikut : Pusing, Mual, Rasa melayang, Gelisah, Mengantuk, Batuk-batuk, Rasa kering dan nyeri di hidung, tenggorokan dan dada.
Bahaya utama dari gas ini adalah kematian akibat menghirup. Bilamana jumlah gas yang terserap ke dalam sistem peredaran darah melampaui kemampuan oksidasi dalam darah maka akan menimbulkan keracunan terhadap sistem syaraf. Sesak nafas terjadi secara singkat dan diikuti kelumpuhan (paralysis) pernafasan pada konsentrasi yang lebih tinggi.
Jika korban tidak segera dipindahkan ke udara segar dan diberikan pernafasan buatan, kematian akan segera terjadi akibat kelemasan (asphyxiation).
H2S terbentuk oleh zat-zat organic yang membusuk, dapat kita temukan di lokasi pengeboran minyak dan gas bumi, geothermal (panas bumi), pada fasilitas fasilitas pertambangan, industri petrokimia, tempat pengolahan dan pembuangan limbah, tempat pembuangan sampah dan fasilitas- fasilitas lainnya.
Karena gas ini sangat berbahaya maka para pimpinan perusahaan yang wajib mengikuti suatu standart pengamanan tertentu, dengan melakukan pemantauan dalam wilayah kerja terhadap potensi bahaya gas H2S, serta menyediakan tenaga rekayasa pengendaliannya.
Jika kita mau peduli dengan bahaya gas H2S ini maka kita wajib mengikuti standart prosedur keselamatan yang ketat didalam perusahaan kita, dengan demikian kita akan bisa bekerja dengan aman dan selamat.
By :
RONEL RADERS SITOMPUL

Comments :

0 komentar to “HIDROGEN SULFIDA ( H2S)”

Posting Komentar


Safety Pictures

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Quality Health Safety Environment